Kamis, 26 Agustus 2010

RPP BOLA VOLI SMP KELAS IX

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 
SMP/MTs                             :   S M P …………………………………
Mata Pelajaran                      :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                     :    IX (Ganjil )
Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar   
Mempraktikkan variasi dan  kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
                                              Indikator 
Psikomotor
·   Variasi dan  kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan koordinasi  yang baik
·   Variasi  kobinasi teknik dasar passing atas, bawah dan smash tampa awalan dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
 Kognisi
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan  kombinasi teknik dasar passing atas , bawah bola voli dan smash

 Afeksi
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman 
Alokasi Waktu                       :  4 x 2 x 40 menit (4 x pertemuan )
A.  Tujuan Pembelajaran
a.     Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas bolavoli, dengan benar
b.    Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah bolavoli, dengan benar
c.     Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar smash bolavoli tanpa awalan, dengan benar
d.    Siswa dapat bermain bolavoli dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman
B.  Materi Pembelajaran
Permainan Bolavoli
·         Passing atas bolavoli
·         Passing bawah bolavoli
·         Smash tanpa awalan
·         Bermain bolavoli menggunakan peraturan yang dimodifikasi
C.  Metode Pembelajaran
-          Pertemuan 1 = penugasan
-          Pertemuan 2 = penugasan
-          Pertemuan 3 = resiprokal/timbal-balik
-          Pertemuan 4 = resiprokal/timbal-balik
D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (45 menit)
Melakukan teknik dasar passing atas
·         Variasi dan kmbinasi teknik dasar (passing atas dan bawah ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :        
                                                             
§  Melakukan passing atas dan bawah dengan cara menangkap lalu mendorong yang diawali dengan bola dilambung di tempat  (berpasangan/kelompok)
§  Melakukan passing atas dan bawah dengan cara mendorong bola di tempat (berpasangan/kelompok)
§  Melakukan passing atas dan bawah sambil bergerak (perorangan/kelompok)
§  Melakukan passing atasdan bawah langsung  (berpasangan/kelompok )
·         Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­   siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­   siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­   siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­   bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­   bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
·         Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing atas
3        Penutup (20 Menit)                                                    
-    Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar                      
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1        Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2        Kegiatan Inti (45 menit)
-    Melakukan teknik dasar passing dada, pantul, dari atas kepala secara berpasangan dan kelompok
·         Variasi dan kombinasi teknik dasar (passing bawah dan atas ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
§  Melakukan passing bawah dengan cara mendorong bola di tempat (berpasangan)
§  Melakukan passing bawah dengan cara menangkap lalu mendorong yang diawali dengan bola dilambung di tempat (berpasangan/kelompok)
§  Melakukan passing bawah sambil bergerak  (kelompok)
§  Melakukan passing bawah langsung  (berpasangan )                                             
·         Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­   siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­   siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­   siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­   bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­   bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing bawah
3        Penutup (20 Menit)                                                     
-    Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
Pertemuan 3 (2 x 40 menit)
1        Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2        Kegiatan Inti (45 menit)
·        Variasi dan kobinasi teknik dasar (passing atas, bawah dengan diawali bola dipukul dengan teknik servis)  dengan rincian kegiatan sebagai berikut                 
§  Melakukan passing atas dan bawah dengan cara mendorong bola di awali bola dilambung teman dari seberang lapangan melewati atas net (berpasangan/kelompok)
§  Melakukan passing atas dan bawah diawali dengan bola dilempar teman dari seberang lapangan melalui atas net (berpasangan/kelompok)
§  Melakukan passing atas dan  bawah diawali dengan bola dipukul servis teman dari seberang lapangan melewati atas net (berpasangan/kelompok)
·         Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­   guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­   siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­   siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­   siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
·         Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing bawah
3        Penutup (20 Menit)
-    Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
Pertemuan 4 (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti (45 menit)
·         Variasi dan kombinasi teknik dasar (passing, atas, bawah dan smash tanpa awalan ), dengan rincian kegiatan sebagai berikut :                                                       
§  Melakukan passing atas, bawah dan smash diawali bola dilambung dari seberang lapangan (kelompok)
§  Melakukan passing atas, bawah dan smash diawali bola dilempar dari seberang lapangan (kelompok)
§  Melakukan passing atas,  bawah dan smash diawali dengan bola dipukul servis teman dari seberang lapangan melewati atas net (kelompok)
·         Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­   guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­   siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­   siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­   siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
·         Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing atas, bawah, servis dan smash tanpa awalan 
3.      Penutup (20 Menit)
-    Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bola
-          Buku teks
-          Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F.  Penilaian
      1.   Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
   Lakukan teknik dasar passing ( dada, pantul dan dari atas kepala)
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                     Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                     Jumlah skor maksimal

- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Mainkan permainan bolavoli dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal 
-  Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bolavoli
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =

Text Box: Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis           
                                   
1.      Rubrik Penilaian
    RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI

Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
    Melakukan Variasi dnaKombinasi Teknik Dasar Passing Atas, Bawah dan Smash
1.       Posisi kedua lutut saat akan melakukan passing atas direndahkan
2.       Bentuk gerakan lengan saat melakukan passing atas dan bawah mendorong bola ke depan atas
3.       Posisi badan yang benar saat akan melakukan passing atas dan bawah dalam permainan bolavoli tegak
4.       Bentuk arah bola hasil passing atas dan bawah dalam permainan bolavoli berbentuk parabola
5.       Bentuk gerakan tangan saat melakukan smash  gerak memukul ke arah bawah hingga arah bola menukik
6.       Posisi telapak tangan saat melakukan smash dengan jari-jari terbuka
7.       Saat melakukan teknik gerakan, bola selalu dalam kontrol




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16


RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLAVOLI

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman satu tim

2.  Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)

3.  Mentaati peraturan

4.  Menghormati wasit(sportif)

5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5


RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLABASKET

Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4

1.   Bagaimana posisi kedua lengan saat kamu passing bawah dalam permainan bolavoli ?

1.         Bagaimana posisi kedua telapak tangan saat kamu passing atas dalam permainan bolavoli ?
2.         Bagaimana posisi telapak tangan saat kamu melakukan pukulan smash dalam permainan bolavoli ?






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8



       MENGETAHUI,                                                 GURU MATA PELAJARAN
    KEPALA SEKOLAH                                                                                                                


............................................                                        ...............................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar